Tanpa Pembukuan, Bisnis Berantakan

pebisnis-bahagia-karena-pembukuan

Masalah Pembukuan, Usaha Mikro Terancam Berantakan

Judul artikel tersebut diterbitkan oleh SWA Pada tahun 2011, namun isi artikel tersebut masih relevant dengan kondisi saat ini ditahun 2016. Hal ini disebabkan karena masih banyaknya pelaku usaha di indonesia terutama para UKM (Usaha Kecil dan Menengah) masih belum sadar pembukuan dan kurangnya rencana masa depan dari para pemilik bisnis.

Hal tersebut sesuai dengan isi artikel yang termuat pada 2011, bahwa usaha mikro memegang peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi bangsa serta lebih menjangkau rakyat kecil. Bahkan diperkirakan, usaha mikro akan berkembang pesat di masa depan. Sayangnya, sistem pembukuan menjadi ‘hantu’ bagi usaha mikro. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Senior Manager Learning Center Group Mandiri, Maryana Syamsiah.

Padahal pembukuan itu sangat berperan dalam perkembangan bisnis itu sendiri, karena tidak adanya pembukuan maka pertumbuhan usaha menjadi tidak maksimal. Kita tidak punya data soal omset sebenarnya. Jumlah piutang, utang dan peralatan kantor tidak didata. Akibatnya, bank pun sulit untuk membantu.” Padahal, dengan bantuan pihak bank, usaha mikro dapat lebih terarah dan berkembang dengan pinjaman via bank.

Tips sukses usaha mikro, menurut Maryana, adalah pembukuan yang tertib dan disiplin, periksa keabsahan semua pembayaran, pisahkan uang pribadi dan uang perusahaan, tentukan gaji pegawai secara keseluruhan, gunakan jasa bank dengan baik, buat anggaran dan bandingkan dengan realisasi, periksa keuangan secara teratur dan buat laporan keuangan berkala.

By Jasa Pembukuan dan Pajak

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *