Strategi Pemasaran Jasa

Pemasaran-jasa

Strategi Pemasaran Jasa – Pemasaran adalah inti atau nyawa suatu perusahaan agar bisa terus hidup dan berkembang. Dalam melakukan pemasaran atau marketing memang gampang-gampang susah. Karena ada banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya. Misalkan faktor barang yang akan di pasaran, karena barang disini bisa berbentuk sebuah produk yang real atau nyata, serta produk berupa jasa.

STRATEGI-PEMASARAN-JASA
Strategi untuk pemasaran jasa

Karakteristik Jasa

Intangibility (Tidak berwujud)

Sebagian pasar menawarkan sesuatu dalam bentuk kombinasi antara elemen berwujud dan elemen tidak berwujud. Hal ini dapat membedakan klasifikasi antara barang dan jasa. Jasa mempunyai sifat tidak berwujud karena tidak bisa diidentifikasi oleh ke lima indera manusia, seperti: dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum terjadi proses transaksi pembelian. Untuk memasarkan jasa ini diperlukan pemikiran yang lebih jauh bagi para pelaksana dibandingkan dengan pemasaran barang.

Inseparability (tidak dapat dipisahkan)

Jasa, diproduksi dan dikonsumsi dalam rangka waktu yang sama.Jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya, apakah sumber itu merupakan orang maupun mesin, disamping itu apakah sumber itu hadir atau tidak, produk fisik yang berwujud tetap ada. Dalam pemasaran jasa, yang penting ialah bagaimana menyalurkannya dalam cara yang tepat (in the “right way”).

Variability (Berubah-ubah)

Jasa dapat mudah berubah-ubah karena jasa ini tergantung berdasarkan orang(people based), dan berdasarkan perlengkapan(equipment based). Implikasi dari perbedaan ini ialah “outcomes” atau hasil jasa berdasarkan orang(people based) jasa kurang memiliki standardisasi, dibandingkan dengan outcomes dari jasa yang berdasarkan perlengkapan(alat)

Perishability (Daya tahan)

Jasa tidak dapat disimpan dan tidak memiliki daya tahan yang lama karena sifatnya tergantung dari fluktuasi

Tentu saja dalam mempromosikan barang produk dengan jasa tekniknya berbeda, karena obyek yang dijual juga berbeda. Pemasaran jasa memang sedikit lebih sulit dibanding dengan produk, karena sebagian besar produk memerlukan interaksi antar manusia. Karena itulah dalam hal pemasaran jasa ada beberapa unsur yang harus diperhatikan yaitu physical evidence, people dan process.

Bisnis jasa adalah bisnis yang menjual pelayanan kepada konsumen yang membutuhkan. Berbeda dengan jenis barang produk yang memberikan hak kepemilikan, bisnis jasa menyediakan produk yang abstrak atau tak berwujud sehingga tidak membuat konsumen memiliki hak kepemilikan.

Meskipun berbeda tetapi keduanya tetap membutuhkan strategi pemasaran untuk mendapatkan sales maksimal. Tetapi, seperti yang telah dijelaskan diatas strategi pemasaran jasa berbeda dengan strategi pemasaran untuk produk atau barang.

Barang dan produk memberikan kebutuhan langsung kepada konsumen, sedangkan jasa tidak. Karena itulah tingkat keberhasilan bisnis jasa adalah tingkat kepuasan konsumen.

Karena itulah untuk menghasilkan jasa yang diharapkan oleh setiap konsumen, maka berikut ini 5 strategi pemasaran jasa 

  1. Berikan layanan efisien. Efisien disini dapat berarti cepat dan tepat, tidak terlalu ribet dan cukup sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Terkadang si penyedia jasa memberikan pilihan / penawaran jasa yang terlalu ribet atau terlalu tinggi terhadap konsumen. Padahal kebutuhan konsumen tidak sekompleks tersebut. Lebih baik memberikan pelayanan cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan konsumen.
  2. Meningkatkan kinerja karyawan. Dalam perusahaan jasa peran karyawan sangatlah krusial, lebih-lebih karyawan marketing. Karena merekalah yang menjadi daya tarik konsumen agar mau menggunakan jasa yang ditawarkan. Karena citra karyawan juga menentukan citra perusahaan di mata konsumen.
  3. Harga masuk akal. Beda konsumen tentu saja beda harga. Misal konsumen A menganggap harga Rp 150.000.000,- adalah harga jasa yang terlalu murah untuk jasa B sehingga konsumen A tidak mau menggunakan jasa B karena dinilai tidak akan profesional (harga terlalu murah). Tetapi ada juga konsumen B yang menganggap harga tersebut kelewat mahal. Karena itulah mengetahui sikap konsumen, keadaan konsumen memang sangatlah penting, agar konsumen mau menggunakan jasa kita dengan harga yang menurut mereka rasional.
  4. Manfaatkan teknologi. Dijaman modern ini penggunaan teknologi memang sangatlah penting. Penggunaan teknologi ini juga bisa digunakan untuk pemasaran jasa, misalkan dengan mengandalkan marketing/pemasaran online. Di era sekarang pemasaran online sedang sangat naik daun, banyak cara untuk memasarkan jasa kita melalui internet misalkan dengan SEO (Search Engine Optimization) ataupun menggunakan sosial media.
  5. Sesuaikan budaya yang sedang berkembang. Lihatlah budaya, trend yang sedang berkembang sekarang. Karena tentu saja cara pemasaran sekarang dengan 10 tahun lalu berbeda.

Dari 5 cara pemasaran jasa tersebut, kualitas layanan kepada konsumen memang menjadi kunci bagi kesuksesan bisnis jasa. Kecepatan, kenyamanan, ketepatan, keramahan serta pelayanan yang prima akan membuat tingkatkepuasan konsumen meningkat.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *