Sistem Laporan Keuangan | Jasa Pembukuan dan Pajak

nota-keuangan-sistem-laporan-keuangan

Sistem Laporan Keuangan adalah bagaimana kamu bisa menerapkan pembukuan dengan baik, rapi dan akurat. Sebuah kesederhanaan dari proses bisnis yang baik adalah tidak adanya data keuangan yang hilang, semua tercatat sesuai dengan pos-pos keuangan masing-masing.

Sebuah sistem laporan keuangan sederhana yang sering diterapkan adalah buku kas. Dengan konsep buku kas sesungguhnya kita sudah dapat membuat laporan keuangan sederhana.

Sebagai contoh :

Ada toko pulsa di depok, baru memiliki 1 toko yang berada di pinggir jalan margonda raya, setiap hari minimal 50 transaksi pembelian pulsa terjadi. dengan proses transaksi tersebut berapa omset yang dihasilkan oleh toko pulsa tersebut.

Jawabannya dengan menggunakan sistem laporan keuangan sederhana maka kita dapat membuat catatan buku kas seperti dibawah ini

  1. Waktu terjadi penjualan pulsa, biasanya kita membuat catatan di dalam sebuah buku. Bener tidak? coba kamu rubah konsepnya dengan mencatatnya di dalam sebuah nota.
    nota-keuangan-sistem-laporan-keuangan
    Nota Keuangan

    Pastikan kamu selalu mencatat : Nomor Nota, Nama Pelanggan kamu, Lokasi Rumah misalnya karena lokasi toko di margonda, kamu harus bisa dapat informasi rumah dia dimana misalnya cimanggis 🙂 dan produk yang dibeli pastikan nomor handphone.

  2. Setiap sore hari pastikan kamu telah melakukan rekap atas nota penjualan tersebut dengan cara :
    1. No. Nota
    2. Nama Pelanggan
    3. Lokasi
    4. Produk yang dibeli
    5. Qty
    6. Jumlah yang dibayar

      Rekap-Penjualan
      Rekap-Penjualan
  3. Pastikan seluruh pengeluaran kamu juga tercatat dengan baik di dalam sistem laporan keuangan sederhana. Pastikan setiap pengeluaran memiliki nota, jika tidak ada buat secara manual. Tidak ada pengeluaran yang boleh dibayarkan jika tidak ada nota.
  4. Setelah nota pengeluaran di arsipkan dan dicatat rekapnya maka kamu sudah bisa membuat sistem laporan keuangan sederhana dengan baik karena langkah selanjutnya hanya cukup mengurangkan pendapatan mu – biaya yang dikeluarkan, maka dihasilkanlah laba / rugi.

Nah itu adalah contoh sederhana penerapan sistem laporan keuangan sederhana di dalam toko pulsa | frconsultantindonesia.com | 0813-8228-9991

 

Author: Frconsultant

Kami menerima jasa pembukuan dan pajak murah di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *