Pengaruh Media Sosial Untuk Bisnis

Pembukuan dan Pajak Murah

Hampir semua orang yang mengenal internet pasti mempunyai akun media sosial seperti Google, Facebook, Twitter Instagram, dan lain-lain, atau paling tidak mereka pasti memiliki akun di salah satu media sosial tersebut. Pada awalnya media sosial dibuat untuk kegiatan bersosialisasi secara online, tapi saat ini media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi bisnis.

Jika saat ini Anda memiliki sebuah bisnis dan tidak dipromosikan secara online maka Anda sudah sangat ketinggalan dengan pesaing yang menggunakan media sosial. Berikut beberapa media sosial yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan profit usaha Anda :

1. Facebook

Tidak dapat dipungkiri walau sudah banyak media sosial yang bermunculan, media sosial ini masih menjadi primadona dengan pengguna paling banyak di Indonesia, Jika Anda pernah berpikiran tidak ingin memiliki akun Facebook untuk akun pribadi karena ada yang bilang facebook penggunanya adalah kalangan menengah kebawah maka Anda salah besar. Buat akun facebook sekarang dan bersiaplah menerima banyak pertanyaan dari pengguna seputar bisnis yang Anda jalani.

2. Google+

Walaupun google+ tidak terlalu populer dibandingkan facebook, namun dengan google+ anda akan mendapatkan sejumlah trafik yang lumayan tinggi untuk memperkenalkan bisnis anda. Apalagi jika bisnis anda memiliki sebuah website yang menjelaskan mengenai produk-produk yang anda tawarkan ke pelanggan maka google+ akan memberikan kemudahan dalam pencarian di browser google itu sendiri.

3. Google Bisnisku

Google bisnisku merupakan layanan dari google untuk membantu para pelaku bisnis memperkenalkan bisnisnya dengan mendaftarkan ke layanan google maps. Tujuannya agar para pelanggan dapat dengan mudah menemukan lokasi bisnis anda dengan mudah.

4. Instagram

Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi gambar yang kini telah berkembang menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif dalam menjual produk Anda. Efektivitas ini tak lepas dari gambar yang di bagikan melalui akun Instagram tersebut. Kekuatan visual dianggap lebih mempunyai daya tarik untuk membawa customer melakukan konversi dibandingkan dengan cara lainnya. Oleh karena itu buatlah gambar produk Anda semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian.

5. Twitter

Twitter juga cocok sekali untuk branding sebuah produk. Biasanya pengguna Twitter hanya akan membaca lalu membalasnya, walaupun juga terkadang seseorng hanya sekedar retweet dan kemudian lewat. Twitter paling cocok digunakan untuk jualan informasi bukan untuk jualan barang karena tingkat antusiasnya kurang sekali. Lebih baiknya buat konten yang bermanfaat seputar bisnis Anda dan baru kemudian posting promosi bisnisnya.

6. Kaskus

Tidak hanya sebagai wadah sosialita dunia maya, Anda juga bisa memanfaatkan Kaskus sebagai media untuk mengembangkan bisnis Anda. dengan jumlah member yang sudah mencapai 7,8 juta member, ditambah dengan page view bulanan situs yang mencapai angka rata-rata kisaran 800 juta. Maka sudah jelas Kaskus merupakan pasar potensial bagi bisnis yang sedang Anda jalani.

7. Foursquare

Dengan Foursquare, Anda bisa berbagi saran mengenai apa yang bisa dilakukan agar perjalanan ke tempat tersebut menjadi lebih nyaman. Anda bisa berbagi rekomendasi tempat dengan orang-orang yang dikenal. Ini bisa menjadi kesempatan marketing bagi bisnis Anda. Berikan bonus atau potongan harga bagi pengguna Foursquare yang memberikan ulasan yang menarik mengenai usaha Anda.

Demikianlah beberapa sosial media yang dapat membantu memperkenalkan bisnis anda kepada calon pelanggan. Namun penyebaran informasi tersebut harus dapat di verifikasi dengan website perusahaan anda sehingga calon pelanggan menjadi lebih percaya kepada anda bahwa anda adalah orang yang tepat untuk membantu mereka.

Dengan meningkatnya transaksi penjualan yang berasal dari sosial media, tetapi anda tidak mencatat transaksi tersebut dengan baik dan benar tetap saja semua itu hanya akan meningkatkan omset penjualan tanpa anda bisa memantau dari mana penjualan terbanyak itu berasal.

Mengapa diperlukan informasi penjualan

Jika anda memperoleh informasi penjualan terbanyak dari salah satu media sosial, maka anda dapat menerapkan strategi bisnis yang berbeda disetiap sosial media. Tentunya dapat dibayangkan jika anda salah dalam menerapkan promosi disosial media bukannya mendapatkan pelanggan yang ada anda hanya menghabiskan biaya promosi, jika biaya promosi meningkat maka laba perusahaan akan menjadi berkurang.

Karena itu, diperlukan analisa yang tepat dan pencatatan pembukuan yang rapi untuk melihat seberapa besar dana yang anda miliki untuk melakukan kegiatan promosi.Ā Demikianlah pengaruh sosial media mempengaruhi bisnis anda, dan bagaimana pembukuan dapat menyempurkan analisa bisnis anda.

By. Jasa Pembukuan dan Pajak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *