jasa-pembukuan-FR-Consultant-Indonesia

Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis UKM

Bagi para pelaku bisnis dengan skala Usaha Kecil dan Menengah, mendengar kata pembukuan pasti rasanya kesel, sedih dan memuakan. Kenapa? karena ketersediaan sumber daya untuk membantu mengelola pembukuan sehingga semua dilakukan secara mandiri.

Dengan kesedihan tersebut para pelaku usaha lebih condong untuk sekedar menjaga dan mengontrol bisnis mereka dengan cara ikut langsung terjun ke dalam pengelolaan bisnis tersebut. Berdasarkan riset di pasar-pasar tradisional dan modern terdapat 3 klasifikasi utama bisnis dengan skala ukm ini, yaitu :

  1. Toko dengan jumlah 1 outlet – maka dapat dipastikan pengelolaan bisnis dilakukan secara mandiri, kelompok ini masih senang dengan cara tradisional, tidak suka melakukan pembukuan, cukup hanya dengan memantau transaksi, omset dan stock secara fisik. Tidak terdapat dokumentasi yang baik.
  2. Toko diatas 1 dibawah 10 Outlet – kebutuhan akan informasi transaksi yang realtime mulai dibutuhkan namun jika masih dalam pengelolaan satu keluarga besar, peran pembukuan masih dianggap kurang menarik dibandingkan cara tradisional.
  3. Toko diatas 10 Outlet – Pola pemikiran yang semuanya tidak dapat dilakukan sendiri, mulai diterapkan, namun dengan effisiensi biaya maka tidak mungkin menerapkan pembukuan dengan mengambil sumber daya yang banyak, untuk itu diperlukan dukungan teknologi dalam penerapan pembukuan dan pajaknya.

Lalu bagaimana solusi untuk kami perusahaan yang baru memiliki satu toko dan menginginkan pembukuan dan pajak yang tersusun dengan rapi? solusinya adalah bapak/ibu dapat memulai dengan menerapkan pembukuan dan pajak secara sederhana.

store-ukm

Persiapan Pencatatan Pembukuan

  1. Komputer – pastikan anda memiliki komputer baik itu laptop atau PC, jika anda membutuhkan bantuan dalam penyediaannya dapat menghubungi kami (0812-8263-1985)
  2. Nota 3 rangkap – untuk kebutuhan bukti transaksi, kenapa 3 rangkap ( 1 untuk pembeli, 1 untuk bukti transaksi, 1 untuk arsip pajak)
  3. Cap Perusahaan – pastikan setiap nota transaksi tercap perusahaan untuk menunjukan bahwa transaksi benar-benar terjadi dari perusahaan anda (cukup nota untuk pembeli)

Alasan mengapa membutuhkan ketiga hal tersebut diatas :

  1. Setiap transaksi penjualan yang terjadi pastikan bapak/ibu mencatat di nota, pastikan informasi yang tercatat rapi, jelas dan benar. pastikan penggunaan hurup kapital dalam penulisannya.
  2. Setiap nota penjualan yang tercetak setiap harinya harus dirangkum di dalam excel sesuai dengan informasi yang terdapat dinota, seperti tanggal, nama pelanggan, produk yang dijual, qty, harga, diskon, dan total
  3. Nama produk, qty tentunya akan mempengaruhi nilai stock persediaan yang tercatat.
  4. Total tentunya akan mempengaruhi jumlah uang yang tersedia di laci kasir.

Dengan informasi yang jelas dan detail yang bapak/ibu rangkum didalam komputer tentu akan memberikan informasi yang jelas mengenai perkembangan bisnis. Bagaimana pembukuan sederhana itu akan memberikan informasi mengenai :

  1. Omset harian
  2. Stock tersedia
  3. Biaya operasional perusahaan
  4. Laba Perusahaan
  5. Pajak yang harus dibayarkan ke pemerintah.

By Jasa Pembukuan dan Pajak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *