Pembukuan-sederhana

Pembukuan Sederhana Untuk UKM

Pembukuan adalah salah satu syarat agar bisnis anda berjalan dengan baik dan benar, tanpa pembukuan ibarat bisnis anda berjalan tanpa arah tujuan. Karena dengan pembukuan anda dapat memperoleh banyak manfaat seperti

  1. Mengetahui seberapa besar bisnis anda berkembang
  2. Mengetahui kondisi sebenernya dari keuangan bisnis anda
  3. Mengetahui persaingan yang terjadi di pasar
  4. Mengetahui posisi bisnis anda di pasar.

Dengan berbagai manfaat yang diperoleh dengan adanya pembukuan, namun tetap saja ada perusahaan yang belum menjalankan bisnis tanpa pembukuan. Untuk itu ada beberapa pembukuan yang wajib dimiliki oleh bisnis anda walaupun masih dalam skala kecil dan menengah.

  1. Pembukuan pengeluaran – catat seluruh transaksi pengeluaran anda baik itu untuk pembelian produk, bahan baku, pembayaran hutang ke supplier atau pengeluaran untuk biaya operasional. Buku pengeluaran ini nantinya akan berfungsi sebagai informasi kepada anda seberapa besar pengeluaran operasional bisnis anda terjadi sehingga dapat mengatur cash flow perusahaan secara lebih bijak.
  2. Pembukuan penerimaan – penerimaan uang yang berasal dari pembayaran pelanggan atas transaksi penjualan anda juga wajib dicatatkan dengan baik dan benar, maupun termasuk penerimaan dari sektor lainnya harus dicatat dengan baik agar pengaturan cash flow dapat diatur.
  3. Pembukuan penjualan dan pembelian – pencatatan atas transaksi penjualan dan pembelian harus dicatat dengan baik karena ini terkait dengan stock yang masuk dan keluar (khusus perusahaan trading) dan pengakuan hutang piutang yang akan berakibat kepada performa keuangan perusahaan.
  4. Pembukuan stock – pencatatan atas keluar masuknya barang di gudang harus tercatat dengan baik agar tidak terjadi kehilangan stock.

Dengan tercatatnya ke 4 hal tersebut maka anda dapat mencapai tujuan dari pembukuan tersebut.

By Jasa Pembukuan dan Pajak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *