pembukuan-dengan-excel

Pembukuan dengan Excel

Bagi sebagian pemilik bisnis, excel merupakan salah satu solusi untuk melakukan pencatatan pembukuan. Biasanya yang dicatat adalah :

  1. Mutasi persediaan barang dagangan, dengan melakukan pencatatan barang masuk, keluar dan saldo akhir dari gudang ya semacam kartu stock.
  2. Pencatatan atas kegiatan penjualan, dengan melakukan pencatatan nota transaksi untuk mendapatkan nilai omset yang diinginkan.
  3. Pencatatan atas kegiatan pembelian, dengan melakukan pencatatan atas tagihan yang dikirimkan oleh supplier.

Apakah informasi diatas cukup membantu anda dalam mengelola bisnis. Jawabanya tergantung sebesar besar anda ingin melakukan perubahan didalam pengelolaan bisnis anda. Dengan excel semua itu dapat diselesaikan dengan mudah, hanya saja untuk anda dapat memperoleh informasi seperti :

  1. Produk paling dicari pelanggan
  2. Pelanggan setia anda siapa saja
  3. Dari mana saja pelanggan anda berasal
  4. Berapa omset harian, mingguan, bulanan, dan tahunan
  5. Bagaimana trend pergerakan bisnis setiap harinya
  6. Berapa hutang yang akan jatuh tempo
  7. Berapa piutang yang harus segera ditagihkan
  8. Berapa jumlah uang tunai yang dimiliki dan akan dimiliki

Pertanyaan atas informasi diatas tentunya akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk diperoleh jawabannya jika anda menggunakan pembukuan berbasis excel. Oleh karena itu untuk mempersingkat waktu dan pekerjaan yang relatif lebih mudah bagi anda dalam mengelola bisnis ada banyak aplikasi keuangan yang bisa digunakan untuk membantu anda.

Jika anda mengalami kesulitan dalam pembukuan atau anda ingin diberikan pelatihan mengenai pembukuan kami dari FCI siap untuk membantu anda. Jangan segan-segan untuk berkonsultasi ke kami mengenai pembukuan.

By. Jasa Pembukuan dan Pajak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *