Manfaat Pembukuan

manfaat-pembukuan

Di dalam pembukuan sederhana menurut kami ada 3 hal yang wajib di kontrol dengan baik yaitu :

1. Omset

Asal usul omset sudah pasti dari transaksi penjualan. Penjualan terdiri dari dua jenis yaitu penjualan tunai dan penjualan kredit. Pada saat penjualan tunai, kontrol atas uang sangat diperlukan, jangan sampai bapak/ibu kehilangan uang.

Lakukan kroscek jumlah stock yang keluar dengan jumlah uang yang diterima, hal ini dapat dilakukan jika bapak/ibu memiliki catatan penjualan, untuk itu diperlukan sebuah nota penjualan dengan 3 rangkap. 1 Rangkap untuk pembeli, 1 rangkap untuk penjual, 1 rangkap untuk pajak.

Lalu bagaimana dengan penjualan non tunai, maka untuk diperlukan sebuah dokumen tagihan pelanggan dengan informasi yang detail, karena dengan penjualan non tunai maka perusahaan akan menyimpan dana tunai di tempat pelanggan dengan jangka waktu tertentu. Tanpa ada kontrol yang ketat maka hal ini akan berdampak kepada cash flow perusahaan.

2. Stock

Jumlah stock berasal dari mutasi pembelian dan penjualan, oleh karena itu diperlukan kontrol yang ketat untuk kedua hal tersebut. Jika perusahaan terlalu banyak melakukan pembelian dan mutasi pergerakan stock (penjualan) lambat maka akan berdampak kepada :

  1. Biaya penyimpanan stock yang meningkat
  2. Hutang yang meningkat, kecuali jika membayar tunai, namun hal ini akan mempengaruhi cash flow perusahaan.
  3. Resiko kehilangan stock meningkat
  4. Resiko kerusakan stock meningkat

3. Market

Dengan banyaknya informasi yang dimiliki oleh perusahaan, maka bapak/ibu dapat melakukan analisa market yang tepat untuk menentukan strategi marketing sehingga dapat meningkatkan posisi perusahaan di industri yang di jalanin.

By Jasa Pembukuan dan Pajak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *