cash-flow

Kenapa Arus Kas Penting Untuk Bisnis?

Mengapa Arus Kas Sangat Penting?

Kas adalah salah satu jenis aset yang paling likuid. Dalam bisnis kas tidak saja merupakan alat tukar, melainkan ukuran kestabilan dan kelangsungan (going concern) bisnis atau perusahaan. Hampir seluruh aktivitas perusahaan dilakukan dengan kas.

Kekurangan atau kelebihan kas menimbulkan berbagai permasalahan :

  1. Aktivitas operasi perusahaan dapat terhenti karena kekurangan kas untuk pembelian bahan baku.
  2. Gaji karyawan yang tidak terbayar dapat menyebabkan karyawan mogok kerja.
  3. Utang jatuh tempo yang tidak dapat dibayarkan menyebabkan permasalahan hukum.

Kelebihan kas di lain pihak dapat juga merugikan perusahaan :

  1. Kas yang menganggur (idle) selain menimbulkan risiko penggelapan atau kecurangan lainnya,
  2. Juga menimbulkan kerugian penurunan nilai intrinsik.

Perusahaan-perusahaan besar biasanya memiliki manajemen kas tersendiri dengan semakin kritisnya peran kas dalam perusahaan.

Laporan arus kas, yang menjelaskan penerimaan dan penggunaan kas dalam perusahaan dinyatakan sebagai salah satu laporan keuangan pokok yang wajib disusun untuk pengambilan keputusan ekonomi. Laporan arus kas (cash flow) menyajikan aliran kas masuk(cash flow in) dan aliran kas keluar (cash flow out) dalam suatu perusahaan.

Laporan arus kas ini menginformasikan pengelolaan kas dalam perusahaan. Pengelolaan kas menentukan keberhasilan perusahaan. Pengunaan kas yang tepat memaksimalkan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Laporan arus kas diperlukan agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Pengguna laporan keuangan menggunakan Laporan arus kas sebagai alat analisa untuk pengambilan keputusan bisnis.

By Jasa Pembukuan dan Pajak

One Comment to “Kenapa Arus Kas Penting Untuk Bisnis?”

  1. […] arus kas untuk bisnis laundry, jika ingin mengikuti standar yang berlaku coba baca artikel “cara membuat laporan arus kas” namun untuk simplenya maka dalam pembuatan laporan arus kas anda hanya cukup memantau […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *