Contoh Akuntansi di Perusahaan Jasa

contoh-akuntansi-perusahaan-jasa-laundry

Contoh akuntasi pembukuan di perusahaan jasa akan saya jelaskan di artikel berikut ini. Perusahaan Jasa (Service Company) merupakan  perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan jasa keahlian. Contoh akuntansi perusahaan jasa seperti kantor arsitek, kantor akuntan publik, usaha salon, usaha bengkel, bank, asuransi, lembaga pendidikan, sekolah, universitas, klinik dokter, kantor notaris, perusahaan leasing, rumah sakit, usaha rental mobil, jasa pengurusan surat-surat, usaha jasa pengiriman, usaha travel, usaha tiketing dan sebagainya.

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Dalam menjalankan usahanya perusahaan jasa juga melakukan kegiatan transaksi dan juga memiliki laporan keuangan perusahaan jasa yang berbeda dengan laporan perusahaan dagang. Laporan keuangan dapat diidentifikasikan secara jelas dari informasi yang diperoleh oleh suatu perusahaan. Laporan keuangan perusahaan jasa memiliki komponen seperti berikut:

  1. Nama perusahaan pelapor atau identitas lain.
  2. Cakupan laporan keuangan, apakah mencakup hanya satu entitas atau beberapa entitas.
  3. Tanggal atau periode yang dicakup oleh laporan keuangan, mana yang lebih tepat bagi setiap komponen laporan keuangan.
  4. Mata uang pelaporan.
  5. Satuan angka yang digunakan dalam penyajian laporan keuangan.

Contoh akuntansi pada perusahaan jasa tetap mengacu kepada 3 jenis laporan dalam proses analisa bisnisnya yaitu :

      1. Income statement (laporan laba rugi)
        contoh-akuntansi-perusahaan-laba-rugi-laporan-laba-rugi
        contoh akuntansi pada perusahaan jasa untuk bidang usaha laundry

        Analisa :

        Di dalam bisnis laundry memang akan terlihat tidak ada biaya harga pokok penjualan, karena memang dibidang jasa harga pokok penjualan semua akan langsung teralokasikan ke dalam komponen biaya operasional. hal ini diperjelas karena usaha jasa tidak melakukan pembelian stock yang nantinya akan dijual kembali.

      2.  Balance sheet statement (laporan neraca)
        contoh-akuntansi-perusahaan-laba-rugi-laporan-neraca
        Contoh akuntansi perusahaan jasa pada bidang usaha laundry untuk jenis laporan neraca

        Analisa :

        Jika melihat laporan neraca yang digunakan oleh laundry necis ini maka terlihat contoh akuntansi pada perusahaan jasa sangat sederhana, namun hal ini juga dipengaruhi oleh seberapa besar usaha itu sendiri. Dengan jumlah cabang yang tersebar lebih dari 1 lokasi maka laporan keuangan neraca seperti ini tentunya kurang memberikan informasi terkait kondisi keuangan sesungguhnya dari bisnis laundry tersebut.

      3. Cash flow statement (laporan arus kas)Lalu bagaimana dengan laporan arus kas untuk bisnis laundry, jika ingin mengikuti standar yang berlaku coba baca artikel “cara membuat laporan arus kas” namun untuk simplenya maka dalam pembuatan laporan arus kas anda hanya cukup memantau perkembangan
        1. omset (untuk melihat uang yang akan anda terima)
        2. Hutang dan biaya (untuk melihat uang yang akan anda keluarkan)

Lalu apakah perusahaan jasa membutuhkan akunting untuk membantu mengelola bisnis?

Jika bisnis anda masih dalam skala yang kecil, peran seorang akunting mungkin masih belum terlalu diperlukan selain karena biayanya yang cukup lumayan, saya rasa anda masih dapat melakukan kegiatan pembukuan dengan rapi dan benar cukup dibantu dengan sebuah aplikasi keuangan online (akuntansi online). Pertanyaannya mengapa harus akuntansi onlineDengan sistem akuntansi online anda tidak perlu repot-repot melakukan pengawasan secara fisik untuk datang ke outlet, dengan pemantauan jarak jauh pun kita dapat menjaga dan mengawasi bisnis secara langsung, asalkan STANDAR OPERASIONAL PERUSAHAAN dijalankan dengan baik dan benar.

Contoh Akuntansi, seperti apa sih standar operasional perusahaan itu dijalankan
contoh-akuntansi-SOP
contoh akuntansi standar operasional perusahaan

Demikianlah contoh akuntansi pada perusahaan jasa, semoga dapat memberikan wawasan tambahan bagi bisnis anda.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *