Bagaimana Mengelola Arus Kas Bisnis

mengelola-arus-kas-bisnis

Arus kas merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh pebisnis. Oleh sebab itu manajemen arus kas yang baik dapat dengan mudah membuat dan menentukan strategi untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, jika manajemen arus kas kurang baik, bukan hanya tidak dapat menentukan strategi bisnis, tapi juga dapat membuat bisnis mengalami kegagalan atau kebangkrutan. Oleh karena itu, penting untuk pebisnis untuk mengelola arus kas perusahaan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang Jurnal berikan untuk mengelola arus kas perusahaan.

mengelola-arus-kas-bisnis
Bagaimana mengelola arus kas bisnis

Pisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

Ayo siapa yang masih menjadikan satu rekening antara rekening bisnis dan pribadi, mulai sekarang pisahkan ya.

Pisahkan rekening Kas Masuk & Keluar

Solusi terbaik bagi kamu yang memiliki staf terbatas, bikin saja dua rekening yang memiliki fungsi berbeda, yaitu satu sebagai rekening penerima dan satu rekening sebagai pengeluaran. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengelolanya loh.

Teliti Menghitung Pengeluaran

Melakukan efisiensi biaya operasional dapat dimulai dengan mengurangi pengeluaran yang dianggap tidak penting terhadap bisnis kamu.

Jangan Royal pada Diskon

Salah satu strategi marketing adalah diskon, namun jangan selamanya kamu memanjakan pelanggan dengan diskon, gunakan konsep lain seperti hadiah pada saat moment tertentu.

Jangan Tunda Pembayaran Gaji

Jangan lupa bayar gaji karyawan mu, karena karyawan adalah asset berharga dari perusahaan. Kebahagian mereka adalah pertumbuhan di perusahaan kita.

Itu adalah beberapa cara yang bisa pebisnis lakukan untuk mengelola arus kas agar bisnis berkembang. Selain itu, jangan ketinggalan untuk membuat laporan arus kas perusahaan. Dengan laporan arus kas, pebisnis akan lebih mudah mengetahui keadaan bisnisnya dan akan mempermudah pebisnis untuk mengambil sebuah keputusan dengan cepat dan tepat. Jadi mudah bukan mengelola arus kas itu

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *