Akuntansi

Akuntansi

Akuntansi menurut wikipedia pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Akuntansi menurut FR Consultant Indonesia, adalah pencatatan transaksi yang berhubungan dengan keuangan untuk memantau perkembangan bisnis perusahaan anda. Dengan informasi yang diperoleh dari setiap transaksi yang tercatat dengan rapi maka anda sebagai pemilik bisnis dapat dengan mengambil keputusan untuk strategi bisnis.

Alur Proses Akuntansi

proses-akuntansi
Alur Proses Akuntansi

Proses akuntansi seperti gambar diatas terdiri dari transaksi hingga menyusun laporan keuangan untuk proses pengambilan keputusan bisnis. tentunya dengan proses tersebut maka anda sebagai pelaku bisnis tentunya dapat melakukan kegiatan pencatatan pembukuan sehingga dapat membuat laporan pembukuan dan pajak untuk bisnis anda.

Lalu mengapa Akuntansi Itu Penting?

Akuntansi-asset-capital
Asset di dalam akuntansi salah satu komponennya adalah cash.
Dengan akuntansi anda sebagai pemilik bisnis tentu mendapatkan beberapa manfaat yaitu :
  1. Dapat mengontrol keuangan perusahaan dari laporan cash flow (laporan arus kas)
  2. Dapat mengontrol bisnis perusahaan dengan menganalisa laporan laba rugi (income statement)
  3. Dapat menentukan strategi bisnis untuk pengembangan perusahaan dengan melihat laporan neraca (balance sheet)

Ibaratnya tanpa akuntansi anda sebagai pemilik bisnis akan gelap alias buta karena anda tidak akan mengetahui beberapa informasi yang sangat penting terkait dengan kelangsungan bisnis anda. Jangan pikir berbagai asset yang anda miliki tanpa akuntansi akan terkontrol dengan baik. Terjadinya kehilangan atas asset akan sangat besar kemungkinannya tanpa akuntansi karena tidak adanya kontrol atas asset-asset tersebut. karena itu akuntansi dilakukan disetiap kegiatan seperti jenis-jenis akuntansi dibawah ini

Lalu apakah ada jenis akuntansi

  1. Akuntansi Keuangan adalah akuntansi yang tujuan utamanya mengolah data transaksi keuangan menjadi laporan keuangan untuk diinformasikan kepada pihak-pihka diluar perusahaan.
  2. Akuntansi Biaya adalah akuntansi yang tujuan utamanya menyediakan data yang diperlukan untuk penetapan dan pengendalian biaya
  3. Akuntansi Pemeriksaan adalah akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan independent terhadap catatan akuntansi pendukung laporan keuangan perusahaan dan memberikan pendapat mengenai keandalan dan kelayakan laporan keuangan.
  4. Akuntansi Manajemen adalah akuntansi yang tujuannya menyediakan informasi untuk pihak manajemen perusahaan sebagai dasar menjalankan tugas perencanaan, pengawasan dan kebijakan yang harus diambil.
  5. Akuntansi Perpajakan adalah akuntansi yang tujuan utamanya menyusun laporan keuangan yang diperlukan untuk penetapan pajak yang dibebankan oleh perusahaan.
  6. Akuntansi Anggaran adalah akuntansi yang tujuan utamanya menyusun rencana keuangan dalam suatu perusahaan untuk periode tertentu, pada saat yang akan datang dan membandingkan hasil operasi kegiatan dengan rencana yang telah ditentukan.
  7. Akuntansi Pemerintahan adalah akuntansi yang mengkhususkan dalam pencatatan dan pelaporan data keuangan yang terjadi pada badan-badan pemerintahan

Untuk itu marilah kita mulai melakukan kegiatan akuntansi di bisnis kita agar bisnis menjadi lancar dan terkontrol dengan baik.

4 Comments to “Akuntansi”

  1. […] Akuntansi Perusahaan salah satu unsur terpenting di dalam bisnis disamping divisi marketing. Tanpa adanya akuntansi perusahaan maka kegiatan operasional perusahaan akan mengalami kesimpangsiuran informasi data. Data-data apa saja sih yang dapat diberikan oleh akutansi. […]

  2. […] balik lagi ke akuntansi online, jadi udah pada pahamkan klo akuntansi online adalah aplikasi yang berjalan di cloud, atau berjalan menggunakan browser internet seperti […]

  3. […] memiliki keahlian walaupun anda sudah menggunakan aplikasi akuntansi online dan mengikuti pelatihan akuntansi, sudah saatnya anda menghire pegawai yang memiliki keahlian di jasa pembukuan accounting sehingga […]

  4. […] suatu sistem, didalam akuntansi terdapat beberapa asumsi atau konsep dasar. Asumsi dasar tersebut antara […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *